Kamis, 20 Januari 2011

Kutu Ungkap Sejarah Pakaian Manusia

Studi terhadap kutu menunjukkan bahwa manusia berpakaian sejak 170.000 tahun lalu. Sebuah studi di Universitas Florida yang mempelajari evolusi kutu menemukan data bahwa manusia modern mulai mengenakan pakaian sekitar 70.000 tahun sebelum bermigrasi ke daerah yang lebih tinggi dan beriklim lebih dingin. Migrasi itu sendiri terjadi kira-kira 100.000 tahun lalu.
Pemimpin penelitian David Reed mengatakan, ia bersama timnya mempelajari kutu pada manusia modern untuk mendapatkan pemahaman lebih baik mengenai pola migrasi dan evolusi manusia. "Karena kutu beradaptasi sangat baik dengan pakaian, kami bisa mengetahui bahwa kutu pakaian atau kutu badan baru muncul ketika manusia mulai mengenakan pakaian," tuturnya.
Kutu dipelajari karena berbeda dengan parasit lain, kutu menetap pada inangnya dalam periode evolusi yang panjang. Hubungan itu memungkinkan ilmuwan untuk mempelajari perubahan evolusioner pada inang berdasarkan perubahan pada parasitnya.
"Studi ini juga menunjukkan bahwa manusia mulai mengenakan pakaian setelah kehilangan rambut pada tubuhnya," kata Reed. Merujuk pada penelitian sebelumnya, peristiwa ini terjadi sekira 1 juta tahun lalu. Artinya, manusia cukup lama mengalami masa tanpa rambut tubuh dan tanpa pakaian.
Studi tersebut mengaplikasikan kumpulan data tentang kutu pada evolusi manusia untuk dapat menghasilkan informasi yang berguna di bidang medis, evolusi biologi, ekologi, ataupun bidang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar