Kamis, 20 Januari 2011

Hah...Pemain Liga Eropa Lebih Cepat Tua Loh...?

Merumput di kompetisi liga Eropa sudah pasti menjadi idaman setiap pesepak bola dari penjuru dunia. Tapi, mereka mulai sekarang sepertinya harus membaca hasil laporan PFPO tentang pemain yang merumput di Eropa.

Professional Football Players Observatory (PFPO) baru-baru ini mempublikasikan hasil penelitian terbarunya. PFPO mengungkap fakta bahwa para pemain top di liga profesional eropa mengalami kecenderungan umtuk lebih cepat tua, bertambah tingi badannya, dan berlari semakin cepat. Seperti dilansir Reuters, penelitian yang hasilnya dipublikasikan pada Rabu (19/1) lalu itu mengungkapkan ada kecenderungan tingkat produktifitas pemain di usia yang semakin bertambah semakin tinggi.

PFPO melakukan penelitian terhadap lebih dari 13 ribu pemain di 534 klub di 36 kompetisi di Eropa. Raffaele Poli, salah satu peneliti yang bermarkas di Universitas Neuchatel di Swiss, telah mengumpulkan data dari pesepakbola Eropa sejak 2005. Dia mengatakan trennya berubah sejak laporan pertama dipublikasikan tiga tahun lalu.

"Kami melihat pemain yang berlaga di liga-liga besar menjadi lebih tua, lebih cepat dan semakin tinggi," ungkapnya kepada Reuters.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar